Tuesday, October 20, 2009

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Sebelum kita membahas arti pentingnya organisasi dan metode lebih jauh. Ada baiknya kita mengenal apa sebenarnya organisasi itu. Berikut penjelasannya:
Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanan kerja yang penting bagi kegiatan manajemen yang berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan bersama.



Pengertian Organisasi adalah suatu kelompok yang bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yang tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan tergantung satu sama lainya.


Macam pengertian organisasi:
☆ Menurut James D. Money
Organisasi adalah bentuk seriap kerjasama manusia untuk mencapai tujuan bersama.
☆ Menurut I. Bernand
Organisasi adalah suatu sistem kerjasama dari dua orang atau lebih dan tidak bersifat perseorangan.
☆ Menurut M. Gaus
Organisasi adalah tata hubungan orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya kebutuhan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.


Ciri-ciri organisasi:
☆ Organisasi merupakan sekelompok orang dengan berbagai macam pola interaksi yang ada.
☆ Dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
☆ Tersusun dan terkoordinasi.


Organisasi dibedakan menjadi 3 macam:
☆ Wadah: tempat dimana manajemen dijalankan.
☆ Proses: hubungan atau interaksi antar anggotaatau orang-orang organisasi tersebut.
☆ Sistem: kombinasi dari 3macam sistem:
> Sosial: hubungan antar sesama manusia.
> Fungsional: sistem antara fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral sehinga dapat mencapai tujuan utama dari organisasi.
> Komunikasi: sistem data salinan arus informasi dalam organisasi itu sendiri.


Macam definisi organisasi:
☆ Menurut Ernest Dale
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari dalam suatu kelompok kerja.
☆ Menurut Cyril Soffer
Organisasi merupakan perserikatan orang-orang yang masing-masingnya memiliki peranan tertentu dalam suatu sistem kerja.
☆ Menurut Kast dan Rosenzweig
Mendefinisikan organisasi sebagai:
☆ Suatu sub siste dari lingkungan yang lebih luas.
☆ Terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada tujuan.
☆ Sekumpulan orang yang menggunakan pengetahuan teknik peralatan dan fasilitas.
☆ Sekumpulan orang yang bekerja sama dalam berbagai kegiatan yang terpadu.
☆ Sekumpulan orang yang terlibat dalam hubungan sosial.


Jadi menurut saya, suatu organisasi tidak akan terwujud tanpa adanya orang-orang yang ikut andil di dalamnya dan tanpa tersusunnya suatu gagasan untuk selalu berkembang dan maju serta memiliki arah yang jelas untuk mencapai tujuan bersama.
Oleh karena itu, betapa pentingnya meningkatkan kualitas para pekerja dengan menambah pengetahuan tentang organisasi itu sendiri kepada masing-masing anggota untuk lebih memahami sekitarnya atau partner kerjanya, membuka diri dalam bekerja sama, bersifat kritis namun tetap imajinatif, dan memanfaatkan pengalamannya untuk menjadi lebih baik ke depannya.
Semua itu dilakukan agar terbinanya suatu kerja sama yang solid dan terciptanya organisasi yang baik.


Bentuk organisasi niaga

Dalam tugas proposal kelompok, saya menggunakan organisasi niaga berbentuk CV/ Comanditaire Venootschap/Persekutuan komanditer. CV itu sendiri adalah salah satu bentuk usaha alternatif yang dapat dipilih oleh para pengusaha yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan modal yang terbatas. Karena usaha kami merupakan usaha pemula maka organisasi kami berbentuk CV. Sebab untuk CV tidak ditentukan jumlah modal minimal. Jadi, misalnya seorang pengusaha ingin berusaha di industri rumah tangga, perdagangan, catering, dll dengan modal awal yang tidak terlalu besar, dapat memilih CV sebagai alternatif Badan Usaha yang memadai. Lain halnya dengan PT yang mensyaratkan minimal modal dasar sebesar Rp. 50jt dan harus di setor ke kas Perseroan minimal 25%nya.
Sekedar informasi berikut sifat dan ciri-ciri CV:
Relatif mudah didirikan.
Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
Banyaknya modal tergantung banyaknya pihak yang turut serta.
Mudah mendapatkan kredit pinjaman.
Ada anggota yang aktif memiliki tanggung jawab tidak terbatas.
Ada anggota yang pasif tinggal menunggu keuntungan.


Bentuk struktur organisasi

Sturktur organisasi pada sebuah perusahaan merupakan kunci utama dari perusahaan itu sendiri. Karena bila suatu perusahaan tidak terstruktur atau tidak terorganisir dengan baik. Organisasi perusahaan tersebut tidak akan tercipta. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa suatu struktur organisasi yang baik harus efektif dan efisien serta memiliki kinerja yang bagus. Karena jika tidak disusun secara optimal tentunya organisasi tersebut tidak terkontrol atau tidak terkendali dan pastinya menghasilkan kinerja yang buruk.
Selain harus terorganisir dengan baik sebuah perusahan juga harus memiliki tujuan yang jelas yaitu dengan pembagian kerja pada masing-masing pekerja sesuai perannya, sebab betapa pentingnya profesionalisme kerja dalam organisasi pada setiap pekerja guna memperoleh kualitas yang baik dimana setiap individu diposisikan sesuai kemampuan dan ketermapilan dalam bidangnya masing-masing, setiap bagian mempunyai peran penting untuk saling menunjang atau melengkapi satu sama lainya. Dengan itulah dapat terwujudnya satu misi dari visi yang telah terbentuk tadi.
Dalam struktur yang sudah terbentuk, pimpinan perusahaan perlu menyusun strategi kerja dan aturan sebagai alat pengendali yang bersifat universal dimana setiap individu terikat dengan aturan yang sama dalam organisasi tersebut agar sistem organisasi dapat berjalan dengan baik.
Sebagai sebuah sistem, suatu organisasi tentunya perlu berinteraksi dengan sekitarnya. Dan untuk dapat bertahan dengan lingkungannya organisasi tersebut harus dapat beradaptasi menyesuaikan diri dengan lingungan sekitarnya. Sebab gagalnya penyusuaian diri terhadap sekitar berpengaruh buruk bahkan dapat bersifat fatal pada perusahaan yang telah terbina tersebut. Maka suatu perusahaan harus dapat terbentuk seefisien atau sefleksibel mungkin agar dapat bertahan dimana pun perusahaan itu bernaung.


0 comments:

 
Template by eldeolanysa