Monday, October 4, 2010

GRAFIK KOMPUTER DALAM VIRTUAL REALITY PADA TERAPEUTIK


Virtual Reality (VR) adalah suatu aplikasi yang diprogram untuk meniru lingkungan lewat komputer/software dan dirasakan oleh pengguna seolah-olah nyata. Untuk menggunakannya, otak pengguna harus dimanipulasi lewat indera yang ada (penglihatan, pendengaran, pembau, perasa/lidah dan sentuhan), namun VR biasanya direpresentasikan lewat penglihatan dan pendengaran, menggunakan grafis dan suara, sehingga pengguna seolah berada di dunia baru.
Untuk memasuki virtual reality, pengguna mengenakan sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus untuk berhubungan dengan sistem komputer.
Istilah virtual reality kadang digunakan lebih umum untuk menyebut dunia virtual yang direpresentasikan dalam komputer, meskipun hanya berbasis representasi teks dan grafik. Virtual Reality Modeling Language atau VRML adalah spesifikasi navigasi 3 dimensi (3D). VRML memungkinkan pembuatan situs 3D. VRML memperkenalkan konsep virtual untuk dipakai di internet. Dengan sistem VRML kita juga bisa memasuki lingkungan yang terkomputerisasi. Kemampuan ini dapat memenuhi berbagai aplikasi. Mulai dari penelusuran tubuh manusia untuk bidang kedokteran hingga pemindaian permukaan planet di liuar angkasa seperti Mars. VRML dapat membuat internet menjadi sarana multimedia yang sangta kaya dan bermanfaat.

Penggunaan utama dari VR dalam peran terapeutik adalah aplikasi untuk berbagai bentuk terapi pemaparan, mulai dari fobia perawatan untuk pendekatan baru untuk mengobati PTSD. Sebuah VR simulasi dasar yang sangat dengan pandangan sederhana dan model suara telah terbukti sangat berharga dalam pengobatan fobia, seperti zoophobia , dan acrophobia , sebagai langkah antara terapi paparan dasar seperti penggunaan simulacra dan eksposur benar. Sebuah aplikasi yang lebih baru banyak yang dikemudikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat menggunakan lebih kompleks simulasi banyak veteran merendam menderita PTSD dalam simulasi pengaturan pertempuran perkotaan. Banyak seperti dalam pengobatan fobia, paparan subjek trauma atau takut menyebabkan desensitisasi , dan penurunan yang signifikan dalam gejala.

Bidang penelitian lain di mana penggunaan virtual reality sedang dieksplorasi adalah obat fisik , rehabilitasi , terapi fisik , dan terapi okupasi. Dalam rehabilitasi dewasa, beragam aplikasi virtual reality saat ini sedang dievaluasi dalam rehabilitasi ekstremitas atas dan bawah motor untuk individu pulih dari cedera tulang stroke atau tulang belakang. Dalam pediatri, penggunaan virtual reality sedang dievaluasi untuk mempromosikan kemampuan gerakan, kemampuan navigasi, atau keterampilan sosial pada anak dengan cerebral palsy , diperoleh cedera otak , atau cacat lainnya. bukti penelitian muncul dengan cepat dalam bidang virtual kenyataan untuk keperluan terapeutik. Sejumlah tinjauan terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal peer-review telah meringkas bukti saat ini untuk penggunaan Virtual Reality dalam rehabilitasi anak-anak dan dewasa. Salah satu review seperti menyimpulkan bahwa bidang berpotensi menjanjikan.
untuk mempromosikan kemampuan gerakan, kemampuan navigasi, atau keterampilan sosial pada anak dengan cerebral palsy , diperoleh cedera otak , atau cacat lainnya. bukti penelitian muncul dengan cepat dalam bidang virtual kenyataan untuk keperluan terapeutik. Sejumlah tinjauan terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal peer-review telah meringkas bukti saat ini untuk penggunaan Virtual Reality dalam rehabilitasi anak-anak dan dewasa. Salah satu review seperti menyimpulkan bahwa bidang berpotensi menjanjikan.

0 comments:

 
Template by eldeolanysa