Tuesday, November 3, 2009

communication



Kita sebagai mahkluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendiri sudah tentu sangat memerlukan komunikasi untuk dapat berinteraksi dalam bermasyarakat. Sebagai mahkluk sosial kita selalu berhubungan antara yang satu dengan yang lain untuk melakukan berbagai hal. Jadi, pastinya kita senantiasa melakukan komunikasi dalam aktifitas sehari-hari.
Tentu kalian ingin tahu, apa sih yang dimaksud dengan komunikasi itu? Istilah komunikasi ini berasal dari bahasa latin communicare yaitu sama makna, maksudnya komunikasi terjadi antara orang-orang yang terlibat memiliki kesamaan makna mengenai sesuatu yang disampaikan. Dalam arti lain komunikasi adalah
proses penyampaian/ pertukaran informasi antar individu melalui pendapat baik langsung secara lisan maupun tidak langsung melalui media.
Unsur komunikasi
Pada saat berkomunikasi adapun unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya komunikasi, berikut unsur-unsurnya:
< Komunikator, orang yang menyampaikan pesan, ide pernyataan, keinginan, dan pertanyaan.
< Komunikan, orang yang menerima pesan, ide pernyataan, keinginan, dan pertanyaan.
< Pesan, ide pernyataan, keinginan.
< Media, saluran yang menunjang pesan bila komunikan berjarak jauh/ berjumlah banyak.
< Efek/feedback, ialah pengaruh dari adanya pesan.
Proses komunikasi
Proses komunikasi terdapat 2 macam yaitu sbb:
< Secara langsung (tatap muka)
Proses komunikasi secara langsung adalah komunikator dan komunikan berkomunikasi berhadapan secara langsung. Sehingga komunikator dapat melihat langsung reaksi komunikan. Bila komunikan terlihat kurang paham, komunikator dapat langsung menjelaskan kembali maksudnya tanpa harus komunikan bertanya pada komunikator.
< Secara tidak langsung (melalui media)
Proses komunikasi melalui media adalah komunikator dan komunikan berkomunikasi secara tidak langsung karena menggunakan media atau sarana untuk meneruskan suatu pesan kepada komunikan yang memiliki jarak yang berjauhan/jumlah komunikannya banyak.
Efek komunikasi
Efek yang ditimbulkan ketika berkomunikasi ada 3, yaitu sbb:
< Efek kognitif
Pesan yang disampaikan menyebabkan komunikan menjadi tahu.
< Efek efektif
Pesan yang disampaikan komunikator, tidak hanya menjadikan komunikan tahu. Namun, membuat komunikan tergerak hatinya sehingga menimbulkan perasaan tertentu, seperti bahagia, kecewa, terharu.
< Efek behavioral
Pesan yang disampaikan komunikator dapat membuat komunikan melakukan suatu tindakan.
Setelah penjelasan tadi paling tidak kita sedikit jauh lebih tahu tentang komunikasi. Betapa pentingnya dan pengaruhnya komunikasi pada kehidupan kita, bukan? Oleh karena itu, sesuai perkembangan zaman dan teknologi, turut berkembang pula media komunikasi buat kita. Guna mempermudah kita sesuai kebutuhan yang kita ingini. Yang tentunya berguna bagi seluruh dunia.
Adapun berikut salah satu contoh media komunikasi yang sudah bukan lagi menjadi kebutuhan tersier melainkan sudah menjadi kebutuhan primer atau pokok, yaitu personal computer/komputer. Namun sayangnya, semakin maju dan canggihnya teknologi sudah pasti memiliki beberapa dampak bagi penggunannya, berikut diantaranya:
< Antisocial behavior (perilaku antisosial)
Berkembangnya media komunikasi komputer, berkembang pula orang-orang yang tidak bertanggung jawab di dalamnya. Temtunya ini sangat disayangkan sekali. Karena beberapa diantaranya memanfaatkannya dengan membuat situs porno yang tidak sepantasnya ada yang sangat tidak bagus dampaknya bagi anak-anak dan semakin banyaknya games yang membuat anak-anak lebih memilih bermain games dari pada melakukan apa yang masih menjadi kewajibannya sebagai pelajar. Kasus ini sama halnya dengan media televisi. Maraknya program orang dewasa yang tidak sesuai untuk anak-anak yang membuat anak mencontoh film tersebut bahkan menjadi dewasa belum saatnya. Hal ini sangatlah memprihatinkan.
< Computer anxiety (kecemasan berlebih terhadap komputer)
Hal ini biasa disebut cyberphobia atau computerphobia, rasa takut atau khawatir yang timbul saat menggunakan komputer. Gejala yang ditimbulkan biasanya pusing, mual, keringat dingin saat menggunakan komputer. Biasanya hal tersebut disebabkan si pengguna takut melakukan kesalahan dalam menggunakan komputer tersebut. Hal ini sering terjadi pada orang-orang yang jarang berhubungan dengan komputer. Lain halnya dengan orang yang selalu menggunakan komputer, mereka jauh lebih meraa mantap menggunakan teknologi yang ada.
< Addicted (ketagihan)
Kecanggihan teknologi komputer sekarang ini memiliki kemampuan untuk mendorong atau memprovokasi cerminan diri penggunannya ke dalam dunia maya seakan-akan segala kebutuhan yang pengguna butuhkan selalu tersedia. Membuat pengguna hubungannya semakin erat dan selalu ingin terus berinteraksi dengan media elektronik tersebut.
Sifat candu yang timbul seiring dengan tumbuh kembangnya internet di dunia yang didukung oeh beberapa faktor, diantaranya karena internet menyediakan layanan yang familiar dan bersifat praktis memudahkan penggunanya. Selain itu melalui internet kita bisa mencari informasi dari berbagai bentuk mulai dari yang bersifat tulisan, suara, gambar, bahkan video. Dan itu semua bisa didapat tanpa harus membutuhkan waktu yang lama. Bagaimanapun, perkembangan media komunikasi memiiki dua sisi yang mutlak ada, yakni segi positif dan segi negatif. Adapun sisi negatif, dampak-dampak yang terjadi pada penggunaan yang berlebih. Di sisi lain, mampu membuka komunikasi terluas di seluruh dunia. Tapi alangkah baiknya semakin canggihnya kemajuan teknologi yang ada tidak akan menimbulkan kerusakan/kerugian melainkan manfaat yang lebih baik bagi masa depan kita semua.

0 comments:

 
Template by eldeolanysa