Wednesday, April 13, 2011

Hati-hati, Jet lag Bisa Sebabkan Gangguan Ingatan

Bagi Anda yang sering bepergian ke daerah yang mempunyai perbedaan waktu dari tempat tinggal, berhati-hatilah. Jet lah yang disebabkan perbedaan waktu bisa menyebabkan kesulitan dalam belajar dan mengganggu ingatan.

Jet lag merupakan hasil dari persilangan beberapa zona waktu dalam waktu singkat. Setiap manusia mempunyai siklus 24 jam masing-masing yang disebut irama sirkadian. Biasanya irama ini berubah setiap hari, namun hanya sedikit.

Saat seseorang memasuki zona waktu yang tidak singkron dengan irama sirkadian orang tersebut, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengatur ulang ritme harian.

Sebuah penelitian ingin mengetahui efek lain yang disebabkan oleh jet lag. Mereka pun melakukan penelitian dengan melibatkan hamster, seperti yang dikutip dari health24.

Dua kali dalam seminggu selama satu bulan, hamster tersebut melakukan perubahan zona waktu sebanyak enam jam atau sama dengan sebuah penerbangan dari New York ke Paris. Selama dua minggu terakhir dari jet lag dan sebulan setelah menyembuhkan diri dari jet lag, performa tikus terhadap pembelajaran dan ingatan diukur.

Hasilnya pun seperti yang diperkirakan, selama periode jet lag, hamster memiliki masalah dalam pembelajaran. Yang mengejutkan para peneliti dari University of California ini adalah masalah ini berlangsung selama sebulan setelah irama sirkadian dikembalikan seperti semula.

Untuk orang yang suka berlibur, dampak jet lag ini tidak terlalu bahaya karena irama sirkadian akan kembali dalam beberapa hari. Anda juga bisa mengonsumsi pil melatonin untuk penyembuhan. Yang jadi masalah adalah mereka yang berulang kali menyeberang zona waktu, seperti pramugari, dampaknya akan lebih serius.

Namun bukan pramugari saja yang bermasalah dengan jet lag, orang yang bekerja dengan sistem shifting juga memiliki masalah ingatan dan pembelajaran ini.

reference: http://www.wolipop.com/read/2010/11/30/133032/1505690/859/hati-hati-jet-lag-bisa-sebabkan-gangguan-ingatan

0 comments:

 
Template by eldeolanysa